G O O D T H I N G S C O M E T O G O O D P E O P L E

Ga ada yang gratis di dunia ini.
Semua ada harganya dan semua harus di bayar.
Hanya masalah 'waktu' dan 'cara' pembayarannya saja yang berbeda.

Januari 20, 2010

A/n/t/i M/u/b/a/z/i/r

Wednesday, jan 20 10,20.51

*v* Smiley....
Kebaikan yang ditanamkan oleh ortu qu yang membekas sampe sekarang adalah pantang mubazir.Paling inget kalo makan bareng gitu yah, harus bersih ga boleh ada satu butir nasipun.Satu butir ataupun satu sendok teteup sama..mubazir.hari ini satu kalo tiap makan begitu bisa jadi satu piring kan??Itu dari satu orang.Padahal ada orang lain yang kalau mau makan ampe harus melakukan hal yang ga kan sanggup kita bayangin.


Karena mereka juga mencontohkan begitu setiap makan jadinya aq sih seperti otomatis jadi seperti itu juga (padahal mungkin mereka setangah mati tiap hari ngingetin, cuma aq nya aja ga inget:)) dan yang berlebihannya aq suka emosi kalo liat ada orang makan ga abis...uuurggh!!Asli...emosi banget.Apalagi kalo di restoran,fast food..baru makan secuil tinggalin.Deziig!!!Nauzubilamindzaliq...jauhkan aq dan keluarga qu dan keturunan qu dari hal seperti itu ya Allah.amin

Ada cerita nih soal mubazir...kaka Haku pernah ampe nangis pas dia udah kenyang tapi makanannya blum habis trus kita bilang ya udah buang aja.Ga mau...harus ada yang ngabisin.Antara sebal dan terharu...hhh semoga selamanya dia merasa feel guilty seperti itu.Kemaren malam, makan nya lama, aq tanya, 'udah kenyang kak?"
"Ya udah minum sikat gigi trus bobo"
"Nanti siapa yang ngabisin"
"Emang kenapa?"
"Ga mau mubazir Ma, jadi harus tau dulu siapa yang ngabisin"
"Mama"
"O,ya udah kalo begitu.Makasi ya Ma.Alhamdulillah ga jadi mubazirnya.Soalnya kaka tuh udah kenyang dari tadi juga Ma.Tapi ga mau mubazir.Biar lama juga asal habis.Yang penting ga mubazir.Iya kan Ma?"
"2 jempol untuk kaka deh, mmuuaach"
Semoga selamnya amiinn.


Alhamdulillah papa juga penganut anti mubazir, jadi gampang mo nyontohin ke anak-anak karena kita solid sebagai satu tim untuk mendoktrin hal yang sama amin.Semoga selalu dilapangkan dan dimudahkan.Mungkin sebagian orang menganggap berlebihan yah reaksi aq soal makanan sisa.kadang aq juga ga ngerti kenapa bisa gitu yah.Sampe kalo aq akhirnya harus terpaksa dengan teramat sangat harus membuang makanan ngomong nya gini "maap ya Allah ya...ga maksud mo mubazir" sambil dibuang.Atau kadang minta tolong papa yang buang...kadang qta pa tuduh-tuduh sapa yang harus ngebuangnya.Saking feel guilty nya kalo sampe harus ngebuang makanan".It's true!!Biar in deh kalo di bilang berlebihan kalo untuk hal yang baik mah.

Untuk perokok djarum black atau djarum black menthol biar ga mubazir berarti ngerokoknya harus ampe batas antara filter dan tembakau nya kali yah??Atau kalo ga keburu abis di simpen dulu buat nanti dinyalain lagi.Bisa gitu ga sih??

4 komentar:

  1. Aku juga...kadang-kadang kalo makan berusaha supaya ga ada sisa..kesian..sebutir nasi sejuta keringat, tapi kalopun harus dibuang uda ada yang ngabisin dunkss...hewan-hewan peliharaan akuu..heheheh

    Btw ijin blognya aku link ya di blogku...salam kenal -_~

    BalasHapus
  2. tengkyu ya....silahkan banget masukin ke link kalo emang layak...;p
    untung punya peliharaan ya jadi ga begitu feel guilty.

    BalasHapus
  3. setuju! hehehe... soalnya saia sendiri juga gitu. eman-eman e kalo sampe mubazir. belum tentu besok-besoknya kita masi bisa makan. hehehehe

    salam kenal iah :)

    BalasHapus
  4. ;-p...nice knowing u.Ya..yaa.. betul, kalo kurang syukur suka dapet balesannya.amit-amit..

    BalasHapus

be my guest...